Faktor Penyebab Laptop Sering Mengalami Restart Sendiri

08.00 0 Comments

Gangguan pada Laptop
Gangguan pada Laptop

Faktor Penyebab Laptop Sering Mengalami Restart Sendiri

Menjadi alat elektronik, tentunya laptop juga punya resiko mengalami gangguan. Ada banyak sekali gangguan yang bisa menyerang laptop kita. Salah satunya adalah laptop yang tiba-tiba melakukan restart sendiri dan terjadi cukup sering. Gangguan pada laptop ini cukup banyak dialami oleh pemilik laptop. Gangguan yang terjadi tersebut pastinya membuat para penggunanya merasa terganggu juga bukan ? Contohnya saja kita sedang mengerjakan tugas pada laptop kita, kemudian tiba-tiba laptop restart sendiri. Pastinya sangat mengganggu pekerjaan anda bukan kalau sudah begini ? Nah, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan laptop sering mengalami restart sendiri. 

Berikut ini beberapa faktor penyebab gangguan pada laptop:


1. Prosesor terlalu panas. Ini adalah penyebab utama yang sering kali membuat laptop sering melakukan restart sendiri. Laptop yang overheat pada prosesornya bisa dikarenakan bagian dalam laptop terdapat banyak debu, kemudian bisa karena thermal paste yang kering atau bahkan hilang sehingga pendinginan pada laptop minim, dan juga bisa dikarenakan ruang penyimpanan laptop yang cukup panas. Gangguan pada laptop yang berupa sering restart sendiri karena prosesornya yang terlalu panas ini bisa diatasi dengan cara pembersihan di bagian dalam laptop, lalu tambahkan thermal paste secukupnya jika thermal paste sudah kering atau bahkan habis, gunakan laptop di tempat yang tepat dan posisi yang tepat, serta satu lagi adalah cek dengan dini temperatur laptop yang ada dengan bantuan aplikasi.

2. Keadaan RAM yang kurang baik juga bisa menjadi penyebab laptop sering restart sendiri. Jika pengecekan hardware telah dilakukan dan ternyata laptop masih cukup sering mengalami restart sendiri, hal ini kemungkinan gangguan disebabkan oleh RAM. Cobalah untuk mengganti dengan RAM lain untuk mengembalikan kondisi laptop normal.

3. Bad sector pada harddisk alias kerusakan pada harddisk. Gangguan pada laptop berupa sering restart sendiri dapat juga dikarenakan harddisk yang dalam kondisi tidak baik. Kondisi harddisk yang rusak ini bisa menyebabkan laptop tidak mampu booting dan bahkan muncul bluescreen maupun secara terus menerus merestart sendiri. Untuk menanganinya bisa dilakukan scandisk maupun checkdisk, mendefrag harddisk secara berkala serta pastikan bahkan anda selalu mematikan laptop dengan benar, yakni lewat sistem shutdown.


4. Virus menyerang laptop. Ini juga yang berkemungkinan membuat laptop mengalami restart sendiri. Virus yang menyerang laptop dapat berakibat menjadikan kerja memori terbebani lantaran melakukan proses yang sama secara berulang sehingga juga berakibat laptop melakukan restart sendiri.