Kelebihan dan Kekurangan Jenis Teknologi yang Diterapkan Pada Jaringan 4G LTE di Indonesia

22.45 0 Comments

Jaringan 4G
Kelebihan dan Kekurangan Jaringan 4G

Kelebihan dan Kekurangan Jenis Teknologi yang Diterapkan Pada Jaringan 4G LTE di Indonesia


Jaringan terbaru, 4G LTE yang telah ada di Indonesia berjalan pada frekuensi yang berbeda-beda. Perbedaan frekuensi tersebut tentunya tergantung kepada operator seluler yang digunakan, daerah untuk mengakses, dan juga perangkat yang dipakai untuk mengakses jaringan 4G LTE. 

Untuk band frekuensi dan juga teknologi sendiri macamnya antara lain adalah sebagai berikut :

1. B5 FDD LTE 850 MHz
2. B8 FDD LTE 900 MHz
3. B3 FDD LTE 1.800 MHz
4. B40 TDD LTE 2.300 MHz

Diantara berbagai band frekuensi jaringan 4G LTE yang telah disebutkan diatas, di Indonesia sendiri yang lebih banyak diterapkan oleh operator seluer ialah jenis teknologi FDD LTE dan juga TDD LTE. Kemudian juga salah satu operator seluler di Indonesia yang sudah memberikan dukungan dalam hal pelayanan akses internet di jaringan 4G LTE adalah Indosat Ooredoo. Semakin kesini, Indosat Ooredoo terus memperluas cakupan wilayah akses jaringan 4G Indonesia dan terus semakin membuat ciamik kecepatan akses dengan memperbarui frekuensi lebih baik lagi.

Nah, dari sebanyak 2 jenis teknologi yang lebih banyak diterapkan pada jaringan 4G LTE di Indonesia tersebut mempunyai keunggulan dan juga kelebihan juga. Untuk teknologi FDD (Frequency Division Duplex) sendiri mampu bekerja di 2 frekuensi yang tidak sama secara bebarengan. Frekuensi jaringan 4G LTE Indonesia yang lebih sering dipakai adalah FDD LTE 900 MHz dan juga FDD LTE 1.800 MHz. Kelebihan lainnya adalah teknologi ini lebih dikenal dengan istilah dual carier, dimana unggul dalam kecepatan unpload dan juga downbload secara seimbang.


Lalu, bagaimana dengan teknologi TDD untuk jaringan 4G Indonesia ? Cara kerja teknologi TDD LTE ini sendiri adalah menerima data dan juga mengirimkan pada frekuensi yang sama dengan cara bergantian. Teknologi TDD LTE B40 yang bergerak di frekuensi 2.300 MHz ini juga memiliki keunggulan. Keunggulan utamanya adalah kemampuan untuk mengunduh yang lebih cepat. Pada sisi lain, teknologi TDD LTE juga memiliki kekurangan. Kekurangannya dari teknologi yang satu ini adalah untuk mengunggah sebuah file, ataupun semacamnya, maka kecepatannya masih relatif biasa.saja.