Bayi Sulit Makan MPASI

21.38 0 Comments

Bayi Sulit Makan MPASI
Bayi Sulit Makan MPASI

Banyak sekali ibu yang menanti penuh harap pada hari H ketika bayi akan genap berumur 6 bulan ataupun 180 hari dikarenakan artinya bayi tersebut akan sudah siap untuk dapat makan dan juga minum selain ASI. Apalagi sudah sejak berumur 4 bulan bayi sangat suka sekali untuk memasukkan semua benda ke dalam mulut. Setiap kali melihat ayah ataupun ibunya makan, mata bayi akan terlihat ingin seperti yang dilakukan oleh ibunya dan mulutnya akan mendadak berliur dan juga tidak jarang akan merebut makanan ataupun sendok orang lain. Semua ini akan membuat Ibu tidak sabar untuk menantikan waktu bayi boleh makan. Namun terkadang bayi sangat sulit sekali makan dan tugas orang tua adalah mencari
cara mengatasi anak yang susah makan.

Berikut ini adalah alasan mengapa MPASI harus dimulai dari umur 6 bulan ataupun dari 180 hari. Kebutuhan nutrisi dan juga nafsu makan sudah memang tidak bisa dipenuhi lagi sepenuhnya dari ASI. Cadangan nutrisi sangat penting seperti zat besi yang sudah habis terpakai dan juga tidak bisa dipenuhi hanya dari ASI saja. Perkembangan sistem persarafan dan juga motorik yang telah mulai meningkat dari hanya menghisap menjadi menggigit dan juga bahkan mengunyah. Bayi juga sudah mulai tumbuh gigi. Kemampuan bayi untuk dapat mengontrol lidahnya sudah sangat baik. Reflek yang menjulurkan lidah untuk menolak objek yang padat yang tentu saja akan memasuki mulutnya sudah menghilang dan juga bayi telah mulai untuk melakukan duduk sendiri sehingga akan mulai bisa lebih lama untuk dapat menikmati makanan yang padat.

Sistem pencernaan sudah berkembang sangat sempurna sehingga akan mampu untuk dapat mencerna makanan seperti karbohidrat dengan sangat baik. Rasa penasaran akan aneka tekstur dan juga rasa dari lingkungan sehingga fase eksplorasi sangatlah berguna ketika pengenalan makanan yang baru. Bayi yang sudah genap 6 bulan ataupun 180 hari alat makannya sudah siap makan bubur, bayi pun akan sudah matang namun bayi akan sangat sulit sekali disuapin. Mulutnya akan malah menutup rapat. Bayi akan melakukan aksi gerakan tutup mulut. Bubur akan di sembur-sembur, sendok akan didorong keluar menggunakan lidahnya. Muka bayi pun akan berkeringat-keringat seperti bayi tersebut tidak menyukai makanan yang diberikan. Menutup mulutnya tidak mau membuka mulut sama sekali dan juga menolak sendok seperti yang telah disebutkan tadi di atas bayi tersebut memang sedang belajar untuk mengkonsumsi makanan yang baru. Cara mengatasi anak yang susah makan kita bisa memberikan makanan yang memang sangat dibutuhkan sekali oleh anak.